LAPETAL sebagai Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut guna memenuhi kualitas dan kuantitas calon prajurit TNI AL tahun 2018, maka dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan publikasi di beberapa daerah di wilayah NKRI. Beberapa diantaranya yang telah dilaksanakan yaitu di Pasuruan, Blitar, Lhokseumawe dan Pekanbaru yang baru dilaksanakan pada 31 Oktober 2017 lalu. Khususnya di Pekanbaru, acara sosialisasi ini dihadiri oleh Gubernur Riau yaitu Bapak H. Arsya Djuliandi Rachman, Kadisdiknas Provinsi Riau yaitu Bapak H. Abdul Jamal, M.Pd. dan Danlanal Dumai Kolone Laut (E) Jose Aldino serta seluruh siswa-siswi SMA/MA dan SMK di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya.

Sebelum dimulainya acara sosialisasi ini tidak lupa pula dilakukan beberapa latihan yel-yel agar semangat para peserta bisa berapi-api lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya guna membangkitkan jiwa nasionalisme para peserta.

Pada acara inti dari sosialisasi ini, para peserta dapat melihat berbagai macam tenue yang dimiliki oleh TNI AL serta mereka bisa mengajukan semua pertanyaan yang akan mereka sampaikan agar semua informasi tentang proses penerimaan calon prajurit TNI AL dapat mereka mengerti. Bahkan beberapa guru pendampingpun ikut serta dalam sesi tanya jawab tersebut. Diakhiri dengan foto bersama, terlihat motivasi siswa – siswi mulai tumbuh untuk menjadi Prajurit TNI AL. Terlihat mereka sangat antusias sekali dalam mengikuti acara demi acara yang diadakan. TNI AL mengharapkan munculnya para calon prajurit yang berkualitas dan mumpuni untuk ditempa dan dilatih menjadi Prajurit TNI AL yang berasal dari Pekanbaru. Sehingga visi dan misi TNI Angkatan Laut dapat dicapai secara maksimal.